10 Vans Terbaik 2018

Setelah hari ketiga di tahun 2019, kami baru saja menyelesaikan sebuah refleksi perjalanan rilisan-rilisan Vans terbaik di tahun 2018. Sekotak nastar dan segelas wine sisa Natal dan malam Tahun Baru menjadi teman setia saat kami menyusun daftar ini. Maafkan atas keterlambatan tahun ini, kami hanya ingin tidak terburu-buru seperti Vicky Presetyo yang terjun dari helikopter saat melamar Angel Lelga. Untuk kemudian menyesal di kemudian hari *sigh
2018 adalah year of dog atau tahun anjing. Sesuai dengan sifat anjing yang loyal, menyenangkan, setia, dan sering disebut sebagai teman terbaik manusia, tahun ini kami mendedikasikan 10 rilisan terbaik yang sesuai dengan karakteristik salah satu binatang ciptaan Tuhan yang paling menggemaskan. *woooof
10. Vans Vault x Bows & Arrows Sk8-Hi “5×5 Project”

“5×5 Project” adalah sebuah proyek dengan 5 toko retailer Vans Vault di seluruh dunia yang salah satunya adalah Bows & Arrows, sebuah butik premium di daerah Barkeley, California. Selain Bows and Arrows yang diberi kesempatan dalam “5×5 Project” ini ada juga, Notre, Slam Jam, Vier dan WORKSOUT yang masing-masing mengambil salah satu siluet vans classic untuk kemudian diintrepertasikan sesuai dengan sejarah dan karakteristik masing-masing retailer tersebut.
Teman-teman di Bows and Arrows mengambil siluet OG Sk8 Hi LX untuk kemudian dibalut dengan material premium leather berwana hitam dan jazz stripe tiga layer warna-warni; biru merah dan kuning yang memberikan kontras cukup unik dalam rilisan ini. Outsole di bagian dasar sepatu juga diberi warna-warni biru, merah, dan kuning. Diambil dari inspirasi dunia otomotif, Vans Vault x Bows & Arrows Sk8-Hi “5×5 Project” dirilis mulai tanggal 13 Desember 2018 dengan harga retail $110.
9. Vans Varix WC


Pada September 2018, Vans merilis seri Vans Varix WC yang mengambil siluet rilisan masa lampau mereka di awal tahun 2000-an. Masih ingat ketika ‘bulky shoes’ menghiasai kaki para skaters masa lalu? Yes, Vans menggabungkan design masa lalu dengan teknologi masa kini seperti UltraCush Lite sockliner untuk kenyamanan dan WaffleCup di bagian outsole untuk durabilitas, balutan material mesh, suede, dan panel leather serta paduan warna-warna yang sedap dilihat. Ini memang rilisan umum tapi langkah berani Vans untuk tidak ketinggalan saat merek sepatu lain berlomba-lomba mengeluarkan ‘bulky’ atau ‘dad shoes’ tanpa ketinggalan ciri khas dan akar rumput mereka sebagai merek sepatu skate patut membawa Vans Varix WC ke daftar ini dengan harga rilisan retail $100.
8. END. x Vans “Vertigo” Pack

END. mempersembahkan varian terbaru dalam sebuah instrepertasi baru motif populer Vans, checkerboard, yaitu “Vertigo”. Vertigo diasosiasikan dengan pusing yang tidak menyenangkan, tapi “vertigo” dari END. adalah hal yang menyenangkan sejujurnya. Mereka sukses mengaburkan batasan antara ilusi dan realitas untuk menciptakan sebuah design baru yang membuat kepala-kepala menoleh serta dahi mengernyit. Terdiri dari dual siluet, OG Slip On LX & OG Old Skool LX, END. x Vans “Vertigo” Pack dirilis esklusif pada 8 Desember 2018 pada launching END. clothing.
7. Vault by Vans x FDMTL

Vault by Vans x FDMTL tahun ini adalah kolaborasi ketiga kali antara Vans Vault dan FDMTL, sebuah merek denim independen asal Jepang. Kolaborasi kali ini masih menggunakan resep yang sama, penggunakan patch boro dan jahitan sashiko yang menciptakan layer demi layer pola yang menarik dan tidak bosan dilihat. FDMTL mengambil dua siluet tradisional Vans Vault yaitu OG Authentic LX & OG Slip On LX. Dirilis mulai 22 Juni 2018, dengan cepat rilisan tersebut habis terjual. Fantastis!
6. Vans Vault x LQQK Studio

Vans Vault dan LQQK Studio, sebuah agency design kreatif yang mempunya basis di Brooklyn mengeluarkan kolaborasi yang terbilang cukup unik. LQQK Studio dikenal mempunyai hubungan erat dengan perkembangan dan scene seni, fashion, skate dan street culture. LQQK Studio dan Vans Vault mengambil kembali siluet lama dari gudang arsip Van Doren, yaitu Epoch Sport LX & Authentic One-Piece LX. Diberi material suede kasar dengan pilihan warna-warna yang menarik, belum lagi jazz stripe bentuk “V” dan logo ikonik “V” di bagian panel sepatu mencerminkan kreatifitas dari LQQK Studio. Dirilis mulai 21 April 2018 dengan banderol retail $100-110, Vans Vault x LQQK Studio bisa jadi pilihan wishlist kamu di tahun 2019!
5. Vans Japan x Mooneyes – 2018 Yokohama Hot Rod Custom Show


Vans Japan & Mooneye punya sejarah panjang dalam kolaborasinya. Dirilis pada 2 Desember 2018 di Yokohama Rod Custom Show rilisan kali ini bisa dipastikan menimbulkan kegelisahan di para fans Mooneye , terutama di Indonesia. Ingin mencop, tapi kok bonus akhir tahun belum cair. Bonus cair, eh harganya dah makin mahal di para reseller. “Ga bisa akutu diginiin terus sama Mooneye!” – Ucup (nama disamarkan), pria kekinian asal Medan, dalam obrolan ringan di grup Line bersama kami saat itu. Mengambil siluet Authentic & Old Skool serta pattern khas Mooneye dan sentusan khas artwork Yokohama Rod Custom Show, mari bermimpi suatu saat memiliki rilisan ini tanpa perlu dijutekin pacar sendiri.
4. Vans Vault x Footpatrol

Orang-orang baik di Footpatrol selalu berkontribusi besar di scene sneakers. Mereka tidak pernah lupa memberikan kembali ke scene yang selama ini sudah mendukung dan membesarkan mereka. Ini adalah kolaborasi pertama dengan Vans Vault dan kami berharap bukan yang terakhir kali keduanya bekerjasama. Material premium dan detail-detail kecil di setiap siluet Classic Slip-On LX, SK8-Hi dan Old Skool LX yang digunakan pada kolaborasi ini adalah koentji. Tema warna hitam putih yang diambil, material suede berbulu dan canvas 10 oz untuk upper adalah keputusan yang tepat. Dirilis pada tanggal 30 November esklusif hanya di footpatrol.com dengan banderol £75 – £95. Saran kami cuma satu: COP!
3. Vans x Noah




Pertama kali terlihat pada lookbook Fall/Winter 2018, NOAH akhirnya merilis kolaborasi terbaru mereka dengan Vans. Mengambil dua siluet yang lumayan jarang digunakan, Sk8-Hi Decon dan Style 47, NOAH membawa kolaborasi ini ke tingkatan lebih tinggi. Dua pattern berbeda yaitu print tengkorak dan checekerboard biru putih menghiasi siluet Sk8-Hi Decon. Sementara untuk Style 47, mereka mengambil warna hitam dan ungu serta dibungkus material suede premium. Dirilis pada 4 Oktober 2018, dengan harga retail Sk8-Hi Decon ($88) & Style 47 ($98), kolaborasi ini cocok untuk kamu yang mengikuti rekam jejak Brendon Babenzien, mantan creative director Supreme New York sejak 2006-2015.
Oh kami lupa, fakta diatas baru kalian baca di tulisan ini. Hmmmmm… 😛
2. Vans x Vincent Van Gogh Museum Amsterdam


Ketika Adriaan Donszelmann, managing director dari Van Gogh Museum dan Samantha Goretski, Vans Global Marketing Manager mengumumkan alasan dibalik kolaborasi ini sesederhana mereka ingin agar orang-orang awam juga dapat memiliki sekeping potongan seni dari seniman sebesar Van Gogh kami tidak bisa lebih tidak setuju lagi. Van Gogh, iya Van Gogh yang itu. Van Gogh yang selama karirnya sudah mengeluarkan lebih dari 2.100 karya seni. Van Gogh si seniman yang amat sangat dihormati hingga saat ini. Sunflowers dan Almond Blossom adalah dua potongan seni milik sang seniman yang menjadi nafas dari rilisan ini. Dirilis pada 3 Agustus 2018, kolaborasi ini salah satu refleksi penting perjalanan Vans di tahun 2018.
1. Vans Vault x Disney – Mickey Mouse 90th Anniversary


Vans Vault dan Disney jelas sahabat baik. Tidak dapat dipungkiri beberapa kolaborasi mereka di masa lampau mampu menciptakan ‘kehebohan’ setiap kali diumumkan. Kali ini idenya tidak sederhana, ketika Vans Vault dan Disney memutuskan meminta empat artis; John Van Hamersveld, Mister Cartoon, Geoff McFetridge dan Taka Hayashi untuk menciptakan intrepertasi mereka masing-masing terhadap karakter Disney paling ikonik yaitu Mickey Mouse di siluet OG Sk8-Hi LX.
John Van Hamersveld dikenal oleh gaya pola psychedelic dan warna-warni yang vibran. Mark Machado atau Mister Cartoon adalah tato artis dengan detail kaya dalam setiap karyanya. Geoff McFetridge, designer asal Kanada membawa gaya minimalistic dan surreal illustrative dalam rilisan ini. Sementara Taka Hayashi kemudian melengkapinya dengan pendekatan design yang unik dan tidak tertebak. Perpaduan karya mereka, sempurna!
Masing-masing karya dari empat seniman tersebut juga dilengkapi sebuah kaos yang juga menggambarkan hasil interpretasi mereka. Dirilis 25 Agustus 2018 dengan rentang harga retail masing-masing $78-100, Vans Vault x Disney – Mickey Mouse 90th Anniversary berhak menjadi nomor satu di tahun 2018.
Happy New Year 2019, semoga tahun ini membawa rejeki dan berkah bagi seluruh Vanshead di Indonesia. Amin!